Nonton konser musik klasik, first ever!

Yah, akhirnya saya pada malam hari ini (01.04.2010) dapat menyaksikan konser musik klasik secara langsung di Die Glocke, bersama teman-teman yang sedang kuliah di Bremen. Saya langsung nanya-nanya apa aja etika ketika menonton konser musik klasik, apakah boleh bawa makanan, kamera bisa apa tidak, dan masih banyak pertanyaan „bodoh“ lainnya.

Konser musik klasik ini diisi oleh Europa Chor Akademie. Betapa senangnya bisa langsung mendengarkan harmonisasi gesekan biola, flute, dan berbagai alat musik konser lainnya, serta  suara tenor alto sopran bass dan kekompakan paduan suara, secara langsung. Harga tiket bervariasi mulai 7 EURO (mahasiswa seperti saya) sampai 40 EURO.

tiket konser

sebelum masuk, foto narsis dulu lah..

Sebelum masuk ke dalam hall, tas dan jaket dititipkan di tempat penitipan dengan membayar sebanyak 1.50 EURO. Setelah saya tanya, apakah bisa membawa kamera masuk, hiks ternyata tidak dibolehkan. Yah terpaksalah tidak ada dokumentasi, gerutuku di dalam hati. Setelah itu menuju pintu masuk hall memperlihatkan tiket dan ternyata di dalam hall itu sudah sangat penuh. Kita berada di barisan paling belakang. Tapi, terus terang posisi seperti ini paling enak, karena bisa memandang lebih luas, dan tidak khawatir kalo kalo suara sound system tidak kedengaran. Secara Die Glocke ini termasuk gedung musik yang paling terkenal bagus di seantero Eropa. Dan tiba-tiba…

Klappe! Sontak semua orang di barisan belakang langsung mengarah pada suara yang agak keras dan „kasar“. Ternyata seorang bapak tua tidak sabaran mendengar orang saling berbisik di dekatnya, karena konser sudah mau di mulai…Wah ternyata orang jerman ada juga seperti..human being!

Tepat jam 20:00, konser-pun dimulai. Musik demi musik ditampilkan sampai pada jam 21:10. Selama konser berlangsung, semua mata tertuju pada panggung, tanpa ada suara dan gerakan. Begitu senyap dan serius mendengarkan musik yang dilantunkan. Hanya pada pergantian lagu, baru semua mengganti posisi duduk. Saking senyapnya, pergerakan sedikit saja pasti akan kedengaran.

Setelah satu jam konser berlangsung ternyata ada Pause alias istirahat selama 20 menit. Nah waktu ini saya pergunakan mengambil bekal makanan yang ada dalam tas yang dititipkan tadi. Sekalian mengambil kamera. Ini nekat aja, siapa tahu bisa curi-curi kesempatan untuk moto.

tempat nitip tas dan jaket seharga 1.50 euro

tempat menitip tas dan jaket seharga 1.50 euro

Suara bel terdengar dua kali artinya seluruh penonton sudah diharuskan masuk kedalam hall lagi. Musik demi musik diperdengarkan kembali. Saya baru menyadari, ternyata setiap selesai satu lagu tidak selalu ada tepuk tangan. Ada kalanya, tandanya berupa jeda antara musik „agak lama“, atau ketika si Conductor berbalik ke arah penonton. Di sela-sela pertunjukan akhirnya saya bisa „mencuri“ beberapa foto, dan tentunya saya sangat puas!!!

Europa Chor Akademie

konser musik klasik pertamaku selesai juga..

Tepat sepuluh menit sebelum jam sebelas, konser berakhir. Kitapun bergegas mengambil barang-barang yang dititipkan. Saya, Adrian, dan ucup, masuk kembali ke Hall hanya untuk mengambil foto-foto diatas balkon (yang mungkin disediakan untuk tiket seharga 40 EURO). Dan memang pemandangan dari sini luar biasa!!! Mungkin lain kali bersama istri boleh juga :)

Die Glocke Grosser Saal, diliat dari Balkon

mejeng dulu, sambil nunggu bis 24

Jam 23:06, Bus 24 arah Rablinghausen membawa saya kembali ke kosan dengan perut yang sudah menggerutu dan berharap ada stok „mi instan“ di dalam kamar…

    • ida casssiehottest
    • July 17th, 2010

    wah…saia suka dgn musik klasik dan sangat berharaaaappp suatu saat bs mlht konser2 musik klasik langsung dlm hdp saia…..
    krn musik klasik bnr2 Indah….trmksh info’a sgt berharga…

  1. Wah…aku dari dulu pengen lihat konser di Die Glocke, belum keturutan.

      • bunghaw
      • May 1st, 2010

      iya juga yah, pasti kalo mo naik bus 24 pasti selalu liat Konser musik apa yg bakal ada di Die Glocke. Nanti kalo balik ke Bremen mas andi masuk aja, mudah2an ada konser pas kesini hehehe..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: