ISIC, your student passport to the world

Yup, itu motto dari kartu pelajar internasional (ISIC = International Student Identity Card). Akhirnya, kemarin saya bisa mendapatkannya dengan biaya 12 EURO, di bagian ASTA Uni-Bremen. Persyaratannya sangat mudah, hanya perlu satu pasfoto 3×4 dan menunjukkan kartu mahasiswa yang berlaku beserta nomor imatrikulasi, dan juga paspor. ISIC ini khusus untuk full-time students. ISIC diterbitkan per tahun akademik, dengan masa berlaku 16 bulan dari bulan September sampai dengan desember pada tahun berikutnya. Nah ISIC punya saya berlaku sampai desember 2010.

Kartu ini berlaku secara internasional di 120 negara, dan sampai saat ini sudah lebih 4,5 juta pemegang kartunya. Pengadaan kartu ini didukung oleh organisasi-organisasi seperti UNESCO, Dewan Eropa dan Kebudayaan Komunitas Bangsa-Bangsa Andes. Kartu tersebut juga diakui oleh universitas-universitas, lembaga-lembaga akademik, organisasi mahasiswa, pemerintah nasional dan kementerian pendidikan di seluruh dunia.

Nah, kenapa tiba-tiba saya mengurus kartu ini? Karena dengan memiliki ISIC maka saya akan mendapatkan potongan harga tiket pesawat di skyways. Maklum, saya berencana mudik tahun ini, jadi berusaha mencari tiket semurah mungkin. Thanks to Yonathan yang sudah memberikan informasinya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: