Gado-Gado ala Bremer

Beberapa hari saya sangat merindukan masakan Indonesia, mulai dari pisang ijo, coto dan gado-gado. Untuk memenuhi rasa penasaran, saya mencari-cari resepnya di Internet. Setelah bergerilya di internet mencari resepnya, akhirnya dapat juga. Sangat bersemangat, karena memang sudah mengidam GADO-GADO.

Nah pas liat resepnya ternyata ‘kayanya’ bisa dibuat sendiri. Akhirnya pagi ini saya membeli bahan-bahannya di toko asia dan netto depan rumah. Wuih ternyata kalo beli bahan2 sendiri ternyata mahal juga yah. Mungkin ini termasuk hidangan gado-gado termahal hehehe.. tapi gak papalah yang penting bisa merasakan di negeri antah berantah ini.

Ini resep asli dari WikiBooks dan beberapa modifikasi dari saya karena keterbatasan bahan hehehe:

Bahan: Kangkung (karna ga dapat akhirnya saya ganti dengan Cha Plu Leaf – gak tahu ini daun apaan hehehe), Kacang panjang, Kol, Tauge, Wortel, Telur, Timun (tidak usah direbus), minyak goreng dan Emping melinjo

Bumbu: 3 lembar daun jeruk, 2 batang serai, 150ml air, 50ml santan

Bumbu yang dihaluskan: 150 gr kacang tanah, 1 buah bawang Bombay (karna lupa beli bawang merah), 2 siung bawang putih , 50gr palm sugar, 3sdm kecap manis, garam, dan gula pasir

Cara buatnya: Semua sayuran diiris dan direbus. Telur juga direbus matang. Bumbu yang sudah dihaluskan langsung ditumis dengan sedikit minyak sampai harum, lalu daun jeruk dan serai ditambahkan. Setelah tercampur semuanya air dimasukkan dan terakhir santan.

Penyajian: Sayuran yang sudah matang ditata di atas piring dan ditambahkan potongan telur, krupuk dan emping, lalu disirami bumbu. Nah saya juga menambahkan tempe goreng sebagai pelengkap.

Selamat mencoba, dijamin wuenak wuenak wuenak……!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: