Paket pos 24 jam!

Terus terang kekaguman saya terhadap Jerman, sekarang ini terus bertambah. Kali ini saya akan menceritakan proses paket pos. Seminggu yang lalu saya membeli barang di ebay dan sayangnya saya lupa memberikan alamat bapak kos saya (seperti yang selalu saya lakukan ketika membeli sesuatu yang berupa barang/paket). Karena kalo memakai alamat saya, pastinya tiap hari jarang ada orang kalo siang, semuanya pada ‘ngampus’ atau aktivitas lainnya.

Nah kemarin, saya cek kotak pos rumah, dan ternyata dugaan saya benar. Paket sebenarnya sudah sampai, tapi karna gak ada orang, maka hanya diberikan kertas pengambilan. Bingung juga sebenarnya, karna ini kali pertama untuk mengambil paket di Packstation. Di kertas ini sudah tertulis nama saya, dan alamat tempat pengambilan. Hmm..akhirnya cek alamat tersebut di internet, dan alhamdulillah dekat dengan kos-kosan. Hanya satu halte dan berjalan sekitar 500-an meter. Sangat jelas petunjuk peta dari internet tersebut.

Hari ini saya putuskan untuk ambil paket tersebut, setelah urusan bank dan beli kado buat teman selesai. Di sepanjang jalan menuju Packstation ini, saya masih mengira-ngira gedungnya seperti apa. Dan ternyata, setelah alamat yang dituju sampai, saya masih mencari gedung perkantoran yang berlogo deutsche post atau dhl. Tapi yang di depan saya malah hanya ada mesin dan bertuliskan Packstation. Dalam pikiran saya, apa ini yah…. Untuk menjawab rasa penasaran saya, maka saya mendekat ke mesin tersebut. Seperti ini gambarnya:

Ditengah mesin berwarna kuning tersebut, sudah ada layar sentuh dan ada keterangannya. Bahwa mesin ini untuk pengambilan dan penitipan paket. Pilihan bahasa-nya pun sudah ada Inggris dan Jerman. Untuk urusan satu ini, bahasa jerman-nya ditinggalin dulu deh hehehe…Hmmm.. saya-pun bergegas mengambil kartu yang diberikan. Setelah saya cek, di kartu ini sudah ada barcode-nya. Dan dibawah layar sentuh ini sudah ada infrared utk deteksi barcode. Canggih bener!!! Setelah kartu saya terdeteksi. Maka saya harus mengisi nama lengkap, setelah itu membubuhkan tanda tangan dan cap jempol dilayar sentuh tersebut. Setelah itu semua selesai, saya confirm lagi. Dan tiba-tiba satu lemari/cabin/laci kuning atau apalah istilahnya, terbuka otomatis, dan tereeengg..kotak dus yang bertuliskan nama saya sudah ada disitu. Hmmm…sesaat saya speechless…kagum banget!!!!! Benar-benar teknologi di jerman sangat dimanfaatkan untuk kemudahan. Dan Packstation ini bisa di akses selama 24 jam!

Suatu saat, saya akan dokumentasikan Packstation ini, nah untuk sekarang foto sayang ambil dari sini.

  1. Wah bagus juga ya :)

  2. Wah? seandainya di Indonesia ada…
    Tapi kapan ya..?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

