Jejak Islam di Spanyol (II): Alhambra – Benteng Terakhir

Perjalanan jejak islam berlanjut ke kota Granada. Di sini terletak Alhambra, warisan sejarah dunia berdasarkan UNESCO World Heritage Site yang dinobatkan sejak tahun 1984.

Alhambra merupakan kompleks istana dan benteng yang dibangun pada pertengahan abad ke-13 oleh Bani Umayyah di Al-Andalusia, yang berada diperbukitan kota Granada, sekarang di komunitas otonom Andalusia, Spanyol. Alhambra tidak hanya sebagai bangunan bekas istana raja-raja islam, akan tetapi menjadi bukti sejarah peradaban islam.

Alhambra berasal dari bahasa Arab yang secara harfiah berarti “yang merah”, atau bentuk lengkapnya adalah Calat Alhambra yang berarti “benteng merah”, yang mencerminkan warna tanah liat merah dari bahan bangunan benteng ini dibuat. Meskipun sebenarnya bangunan dari Alhambra awalnya bercat putih, namun sekarang bangunan terlihat saat ini adalah kemerahan.

selengkapnya di NetSains.Com

  1. assalamualaikum :D
    waktu saya baca2 di netSains, saya nyasar ke blog bapak.. ternyata bapak fokusnya di biologi kelautan :D saya dulu s1-nya di biology, sekarang ambil s2 di korsel, yang fokusnya plant molecular biology
    salam kenal

    ~ adrianna

      • bunghaw
      • February 20th, 2010

      Hi Adrianna,

      thanks for step by. Iya saya fokusnya di biologi laut. Skr lagi studi genetika populasi ikan di uni-bremen jerman.
      Sukses yah..

    • Yuni
    • January 17th, 2010

    Dear Bapak Hawis Madduppa,

    perkenalkan, saya salah seorang penerima beasiswa DAAD yang akan kursus Bahasa di Speak, Marburg yang insya Allah akan berlangsung bulan Juli 2010.
    Saya belum ada kenal rekan dari Indonesia untuk di kontak di Marburg, jadi saya beranikan diri mengontak Bapak.
    Jika Bapak tidak berkeberatan, bolehkah saya mendapatkan informasi dari Bapak?

    Terima kasih sebelumnya pak.

      • bunghaw
      • January 17th, 2010

      Hi Yuni,

      Selamat yah atas beasiswa DAAD nya. Saya dulu ada teman di Marburg yg lagi ambil kuliah disana. Namanya Myra. Mungkin bisa coba di kontak melalui blognya http://lustigeente.multiply.com

      Kalau ada pertanyaan lagi, jangan sungkan2 yah..

      salam

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

