Label Produk Halal di Jerman

Sejak pertama kali menginjakkan kaki di Jerman, hal pertama yang terpikirkan adalah nilai halal dari makanan. Maklum, muslim sebagai penduduk minoritas disini, pastinya agak susah mencari makanan halal. Syukurnya, terdapat banyak muslim Turki dan Arab yang bermukim disini dan sudah sebagai warga Negara sejak keterpurukan Jerman pada perang dunia kedua yang lalu.

Alhamdulillah, supermarket skala besar dan sedang sekarang ini di Jerman (ALDI, LIDL, PLUS) sudah memberikan label halal pada beberapa produk daging (ayam, sapi, kalkun). Bersyukur sekali rasanya, sehingga bisa tenang berbelanja daging.

Sebuah label makanan dicap halal jika isi makanan sesuai dengan hukum Islam. Sebuah sertifikat halal ini disediakan oleh pihak ketiga lembaga khusus untuk sertifikasi halal. Karena makanan halal tidak selalu halal. Bagi umat Islam yang peduli mematuhi Syariah, atau hukum Islam, sebuah label halal memberikan jaminan bahwa isi dari makanan tidak haram, atau dilarang

Ciri pembeda yang penting dari daging halal adalah bahwa hewan harus disembelih dalam nama Allah. Hewan harus disembelih dengan cepat memutus arteri utama leher, dan mengucapkan nama Allah sebagai binatang terbunuh. Hewan disembelih dengan cara lain adalah haram.

Pentingnya label halal pada produk makanan adalah untuk menghindari produk babi (yang diharamkan dalam Islam) beserta turunan-turunan produk lainnya. Misalnya yang sudah diolah menjadi emulgator. Emulgator yang dari produk babi yang sejauh ini saya tahu adalah E471-E476.

Insya Allah, mudah-mudahan dengan mengetahui hal ini saya semakin yakin untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang ada disini. Bersyukur lagi, karena kantin kampus (Mensa) juga memberikan label gambar Ayam atau Sapi atau Babi pada menu yang disediakan. Jadi lebih leluasa untuk memilih menu-menu lainnya, jika pada hari itu yang tersedia menu dari daging Babi.

Acung jempol untuk Jerman!!!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: