The Palace of Versailles – France

Hari ketiga di Paris kita menuju Istana Versailles, atau biasa juga disebut the Château de Versailles. Sebenarnya, awalnya tidak terlalu tertarik untuk sampai disini, selain karena harus ada perjalanan sekitar 45 menit dari Kota Paris. Pikirnya juga gak akan menarik apa yang akan dilihat. Apalagi pas sudah sampai depan istana ini, antriannya sangat panjang. Tiket yang harus dibayar untuk masuk ke istana sebesar 13.50 EUR.  Ada juga tiket untuk masuk ke taman, namun kita memutuskan hanya di istana. Sebelum masuk sebenarnya kita diberi fasilitas headsets yang memberikan informasi yang lebih detail, tapi karena stroller tidak bisa masuk, dan tentunya harus menggendong anak saya selama di dalam istana. Jadi akan beribet. Jadi cukup membaca aja informasi singkat yang sudah disiapkan di setiap objek.

Setelah masuk, ternyata dugaan saya salah, istana ini sangat sangat sangat menarik. Tidak berhenti saya berdecak kagum melihat kemegahan bangunan, yang terus terang masih diluar nalar saya. the Château de Versailles ternyata memang masuk dalam UNESCO World Heritage Site alias warisan budaya dunia. Again, how lucky were we!!!

Dahulu kala, tahun 1682, Versailles menjadi pusat kekuatan politik oleh Raja Louis IV setelah pindah dari kota Paris. Bangunan ini dimulai dibangun tahun 1661 untuk memenuhi hasrat dari Raja Louis IV, dan secara resmi berdiri pada tanggal 6 Mei 1682. Dan diteruskan sampai Louis XIV. Bayangkan tahun segini, peradaban di Perancis sudah sejauh ini ck ck ck…

Senang rasanya bisa merasakan kemewahan dan kemegahan masa raja-raja di Perancis. Mulai dari ruangan baca, tempat tidur raja dan ratu, tungku perapian, hall untuk pertemuan. Semua ukurannya serba BIG and BEAUTIFUL. Dan yang paling mencengangkan lagi, hall pertemuan ini langsung dihadapkan pada pemandangan taman yang sudah di disain dengan indahnya…Banyak yang menganalisa berapa banyak biaya yang dikeluarkan oleh Raja Louis untuk membangun istana ini.

Ternyata istana Versailles ini sudah banyak diberikan izin untuk dipinjam dalam rangka pembuatan film. Salah satunya yang terbaru adalah Marie Antoinette. Film yang dirilis tahun 2006 ini dibintangi oleh Kirsten Dunst. Hmm..jadi pengen nonton lagi ini film…

Setelah berkeliling, tentunya sangat capek tapi pastinya gak rugi datang kesini.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: