Mitfahrgelegenheit = setiket tanpa kenal!

8edaa109c2Situs ini memfasilitasi para traveler atau pengguna transportasi di Jerman. Karena disini banyak sekali fasilitas untuk bisa pergi bareng dengan hanya satu tiket (umumnya berlima), maka orang-orang yang belum cukup anggotanya, dalam rangka mengirit ongkos, maka mereka menawarkan jalan bareng dengan tiket tersebut.

Di situs ini, diberikan informasi siapa yang aja yang memberikan ajakan, tujuan kemana, jam berapa, ketemuan dimana, dan tentunya akan patungan harga tiket berapa. Misalnya saja, menggunakan Nierdersachsen ticket (salah satu tiket regional di jerman), maka biasanya mereka akan berbagi 5 atau 6 EUR, karna harga tiket utuh 28 EUR. Sangat menghemat kan.

Nah saya punya cerita nih, kemarin dalam rangka menjemput anak dan istri, saya mencoba fasilitas ini, dan mengunjungi http://www.mitfahrgelegenheit.de. Untuk saya sih masih ‘gratis’ karna sudah punya semester ticket dari universitas. Saya masuk ke situs tersebut, dan mendapati daftar orang-orang yang menawarkan tiketnya, sesuai dengan jadwal perjalanan yang saya inginkan. Akhirnya, saya dapat satu orang yang menawarkan 6 EUR per orang dari stasiun besar Hamburg ke stasiun besar Bremen, jam 16.15, dan meeting pointya di Burger King. Perfect!

Tapi, pas saya sudah di bandara Hamburg, tiba-tiba saya dapat sms dari orang yg punya tiket, katanya dia kecelakaan, jadi tiketnya dikasi ke orang, wahhh jadi mikir, bakal gak jadi menghemat nih. Akhirnya, pas nyampe di stasiun Hamburg, tanpa pikir-pikir lagi, menuju ke mesin tiket untuk membeli tiket seharga 20,80 EUR.

Tapi untungnya, ternyata ada orang yg menunggu disana, dan langsung nembak nanya ke saya, apa akan ke Bremen, ternyata dia mau ngajakin ‘mitfahr’. Dia langsung bilang 6 EUR per orang dan dia baru dua orang, wah pas banget! Saya langsung ok-in. Sambil nunggu kereta datang, saya bilang mau bayar sekarang, katanya nanti aja di dalam kereta. Ok, setelah di dalam kereta karna gak punya receh 6 EUR, saya kasihlah pecahan 10 EUR, tapi dia gak langsung kasi kembalian 4 EUR, saya pikir mungkin nanti bakal dikasi. karna saya dan istri ribet dengan barang bawaan pas nyampe stasiun Bremen, maka di dalam hati saya pikir, nanti aja pas di luar mintanya, saya percaya banget sama orang Jerman. Tapiii, ternyata oh ternyata, si ibu dan anaknya ini, langsung kabur, meski saya mencoba mengejar, setelah meletakkan barang2.. Jadinya, 4 EUR ku lenyap dah. Yah, tapi gak papalah, anggap sebagai pelajaran, jangan ragu-ragu dan terlalu percaya sama orang.. ;(

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: