Apakah saya harus GOLPUT?


ada-apa-dengan-golput-300x225Meneruskan tulisan-tulisan saya sebelumnya mengenai pemilu, Indonesia dalam multi partai dan Koalisi partai akhirnya jadi pilihan.  Memang terkadang ada rasa malas untuk, jika harus berkaitan dengan politik. Tapi yah coba lagi ahh.. Sekarang lagi tergiur dengan wabah Golput. Udah beberapa hari belakangan ini banyak banget teman dan kerabat saya yang sudah mengumandangkan kalau dirinya akan golput. Mungkin karna Pemilu pada tanggal 9 April 2009 sudah dekat yah..Pertanyaannya balik ke saya, Apakah saya harus GOLPUT?

Golput alias golongan putih sudah banyak melanda orang. Tapi tunggu dulu kita kaji kenapa harus dibilang golongan putih yah. Padahal kalau jika tidak memilih salah satu partai yah harus golongan abu-abu hehehehe..ntah siapa yang mencetuskan istilah ini.. Tapi dari sekian banyak caleg dan partai, masa iya sih gak ada yang nyantol dihati..

Ada beberapa alasan yang mungkin menyebabkan orang menjadi golput. Pertama: udah bosan dengan janji-janji, tidak melihat caleg yang pantas dan berkualitas (masa sih??), terlalu banyak pilihan, atau malah ada yang malas dan masa bodo’.

Padahal kalo kita tilik (ciee tilikk..) lebih jauh, pernahkah kita berfikir, kalo satu suara itu sangat bermakna untuk perubahan. Saya kadang-kadang bertanya pada diri sendiri, Apakah saya bisa menuntut di pemerintahan yang akan terpilih ke depan, jika kita tidak menyumbangkan suara kita. Apakah saya berasa boleh berteriak jika ada sesuatu yang salah di kemudian hari, jika saya tidak menyumbangkan suara? Apakah saya bisa mengaspirasikan suara saya jika pemilu sudah lewat?

Seminggu yang lalu saya mendapatkan surat dari PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) Perwakilan RI Hamburg, tentang konfirmasi metode pemilihan. Saya disuruh menggunakan hak pilih dengan metode datang langsung ke KJRI Hamburg atau melalui pos. Jika tak ada konfirmasi, maka saya akan secara otomatis dikirimkan surat suara. Mungkin sudah berpengalaman dengan kesibukan dan kemalasan orang di luar negeri jika harus ke Hamburg (kecuali ada makan-makannya hehehe).. Nah, apakah saya harus golput?

image source here!

  1. Halo Bunghaw…, salam kenal…

    Ngerasain ke-anehan pemilu 2009 ini ngga?, ini pemilu paling aneh sepanjang sejarah bangsa ini…

    sy pake file gambar dari bunghaw buat artikel saya di :

    http://arieananda.co.cc/2009/04/18/koalisi-partai-sensasi-politik-sepanjang-masa/

    tengok juga, uneg – uneg soal keanehan pemilu 2009 ini :

    http://arieananda.co.cc/2009/04/10/pemilu-legislatif-2009-aneh/

    thanks ya bung…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: