Alert! Time will change!!!

timeTernyata di beberapa Negara termasuk Jerman, yang masuk dalam kawasan eropa, akan mengalami perubahan waktu. Istilahnya Daylight Saving Time (DST), atau banyak juga yang menyebutnya Summer Time. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada warga untuk bisa menikmati ‘sunny summer evenings’ dengan menggeser satu jam kedepan (an hour forward) pada saat musim semi (Spring). Sebagai contoh sederhana, jika musim dingin jarak waktu saya dengan istri 7 jam (WITA), maka akan menjadi 6 jam (WITA) di musim panas. Ide ini dicetuskan oleh Benjamin Franklin pada tahun 1784, meskipun sampai sekrang masih banyak kontrovesinya.

Jika kita hidup di sekitar garis equator (seperti Indonesia), waktu siang dan malam sama yakni 12 jam. Tapi buat belahan bumi lain, terdapat perbedaan waktu yang signifikan, antara musim dingin (winter) dengan musim panas (summer), siang pada saat musim panas lebih lama. Semakin dekat daerah kutub (Selatan atau Utara), maka semakin panjang pula siangnya pada saat musim panas. Akan tetapi, perubahan jam ini tidak berlaku di daerah tropis, sehingga Negara-negara yang berada di kawasan ini tidak mengubah waktunya.

Berdasarkan beberapa sumber, perubahan waktu ini juga membantu dalam hemat energi. Departemen Transportasi Amerika Serikat pada tahun 1975 menyatakan bahwa dengan DST mengurangi konsumsi listrik yang sangat signifikan sebesar 1% per hari. Sedangkan di New Zealand sebesar 3.5%.

Nah, perubahan waktu ini berbeda-beda di setiap negara (lihat list-nya disini). Untuk kawasan eropa dan inggris akan dimulai pada hari minggu terakhir di bulan maret (artinya besok tgl 29.03.2009) pada jam 1 dini hari UTC, akan berakhir di bulan Oktober pada minggu terakhir. Untuk saya dan teman-teman di Jerman bisa pantau link ini juga..

Tapi yang jelas, kata orang disini dengan perubahan waktu juga akan menambah produktivitas kerja. Bagaimana dengan kita?

[Informasi diterjemahkan secara bebas dari sini, image source here!]

    • ilmukelautan
    • May 28th, 2009

    BungHaw, saya yogi itk42. saya sedang membangun website tentang kelautan. alamatnya http://ilmukelautan.com. Sangat senang sekiranya pabila abang mau berkunjung ke website tersebut, terlebih lagi apabila ada saran2 dan masukan yang bermanfaat buat perkembangan website ini. Langkah yang sedang diupayakan sekarang adalah memperbanyak konten, oleh sebab itu jikalau abang tidak berkebaratan sudi kiranya dapat menyumbangkan artikel. terimakasih sebelumnya dan mohon maaf jikalau menggangu waktu bunghaw…

    yogisuardi (http://yogisuardi.com)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: