Koalisi Partai, akhirnya jadi pilihan…

togetherSedikit menyambung tulisan saya sebelumnya di multi partai, sepertinya segera akan terbukti. Memang dipikir terlalu dini membicarakan soal koalisi. Tapi setelah banyak membaca berita, bahwa sekarang setiap partai melihat potensi untuk berkoalisi dengan partai mana saja. Apa menguntungkan dengan si A atau B atau C atau ketiganya. Oh, saya hampir lupa kalau partai di Pemilu 2009 berjumlah 38 (ini pun, saya harus tanya Prof Google biar tahu jumlah pastinya). Pasti koalisinya tambah banyak. Semua analisis dan strategi dikeluarkan, demi mencapai tujuannya. Karena pastinya banyak partai yang tidak mencapai Parliamentary Threshold sebesar 2,5 persen. Artinya, bisa saja ada partai yang tidak ada wakilnya di Senayan.

Saya tak menyalahkan banyaknya partai, tapi kalo seandainya sedikit partai saja bisa menyalurkan aspirasi, kenapa gak. Betul gak? Adanya koalisi membuktikan kita tidak perlu partai banyak alias bejibun. Toh akhirnya partai-partai kecil merangkul partai partai besar untuk berkoalisi. Jadi, bagi partai-partai yang berkoalisi nanti di Pemilu 2009, kenapa gak gabung aja jadi satu partai. Kan bisa mengurangi tuh jumlah partai di pemilu mendatang.

Dari pandangan saya, KPU sebaiknya melihat keaktifan dan mengevaluasi semua partai yang ada sekarang selama 5 tahun kedepan. Karena kenapa ya, saya koq yakin, banyak sekali partai yang hanya nampang pas mendekati pemilu. Mohon maaf saja, ”uang tunjangan” yang diberikan ke partai kan dari pajak kita juga. Jadi bolehlah mengingatkan, gak ada salahnya uang itu dipergunakan untuk pembangunan yang lain. Masih banyak tuh yang harus dibiayai.

Tapi mungkin benar yang banyak dikatakan orang : Demokrasi mahal harganya bung!!!
Tapi teringat juga perkataan orang lain : Belajarlah dari pengalaman orang lain, jadi tidak perlu melalui hal-hal yang tidak penting dari pengalaman itu!!!

Jadi, kawan sekerabat sekalian. Marilah kita ”menusuk” partai yang kita yakin benar-benar akan menyalurkan aspirasi kita. Jangan sampai masuk dalam golongan putih. Iya benar, saya juga masih termasuk yang bingung untuk memilih yang mana. Insya Allah, pasti saya akan memilih. Karena satu suara dari kita, insya Allah akan bermanfaat…

*masih bermimpi tentang cita-cita luhur bangsa*

8:58 AM
Bremen, 11.02.2009

image source:

http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Working_Together_Teamwork_Puzzle_Concept.jpg

  1. Boleh copy gambarnya buat blog saya?

  1. March 30th, 2009

Leave a Reply

