Ayam lagi ayam lagi…

Iya euy, karma beli ayam disini tergolong murah, yah sekitar 2-3 eur. Nah itu udah dapat sampe 6-8 potong paha atau dadanya. Mungkin orang jerman memang suka makan ayam kali yah. Kemaren aja di mensa juga disajikan ayam. Gak tanggung2 setengah ayam potong gede bakar alias backen alias oven. Gw gak mau cerita tentang ayam di mensa. Tapi mau cerita nasib ayam yang ada di freezer di rumah. Karna kemaren dah beli ayam. Makanya beberapa hari ini gw masak ayam mulu, dengan cara yang sama, ayam balado! Soalnya kalo gak dihabisin, takutnya kadaluarsa. Nah itu dia hebatnya disini, semua ayam yg dibeli di supermarket, pasti dah ada label kadaluarsa, biasanya hanya bertahan sampe satu mingguan. So gw selalu perhatikan tanggal kadaluarsa. Biasanya milihnya lama, soalnya mau ambil yg tanggalnya masih jauh *hehehehe*.

Well, cara masak balado pun tergolong gampang banget deh. Cuman butuh bawang bombang di iris iris kecil, bawang satu siung dihaluskan atawa dipotong kecil kecil sampe halus, sambel ulek (tenang aja, gw gak ngulek sendiri koq, soalnya udah ada di jual sambal ulek *hihihihi*), gula pasir (biar gak terlalu asin), dan tentunya ayam dong.

Biasanya ayam gw rebus dulu, soalnya dah sering masak atau goreng ayam, dalamnya masih merah. Sambil rebus ayam, gw goreng bawang bombay yg dah diiris tadi sampe kecium harumnya (ingat, minyaknya dikit aja). Setelah itu masukkan sambal ulek (sesuka lo deh, mau pedesnya seberapa, tapi gw biasanya 3 sendok). Aduk deh sampe rata, lalu masukkan bawang putih. Trus tambahin gula pasir (tiga sendok kecil lah). Nah setelah kira2 ayamnya dah matang, tiriskan, trus campur deh dengan sambal tadi. Aduk sampe rata, sampe bumbu2 meresap ke dalam daging ayam tadi.

Nah, ayam balado lagi! Siap dihidangkan..hehehehe….

balado-ayam

    • bunghaw
    • February 10th, 2009

    siip. mudah2an nanti sempat ke utrecht. Iya, gw kenal sadath, kemaren satu les bahasa jerman.. sukses ya..

  1. awal maret. kapan2 maen lah ke utrecht.. kenal sadath juga kan? he’s my best buddy.. dulu di belanda bareng2.

    • bunghaw
    • January 30th, 2009

    sedikit terpaksa nih masaknya hahahaha…
    wah tengkiyu nih udah mampir disini..
    yoi blog lu inspiratif bozz. Mudah2an nanti bisa ketemu lah kita di bogor..
    Kapan ke holland lagi?

  2. hahaha.. jadi juru masak juga yah di sana..
    sorry baru mampir.. im back to town.. in bogor now.. :)
    thanks udah naro link di sini.. :)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: