Kotoran Ikan Sehatkan Lautan

DamshelfishSeperti biasa, tiap hari gw pasti buka situs kompas.com untuk mendapatkan berita terkini Indonesia. Nah dapatlah gw artikel menarik ini. Ternyata kotoran ikan dapat menyehatkan lautan, terutama dalam kondisi yang seperti skr, khususnya perubahan iklim dan bencana lingkungan lainnya, baik yang disebabkan manusia ataupun dari fenomena alam itu sendiri. Berikut ini artikelnya..

<>< <>< <>< <><

Kalau ditanya hewan apa yang paling banyak hidup di lautan, tentu jawabnya adalah ikan. Menurut para ilmuwan ternyata ikan pula yang menentukan baik tidaknya kualitas air laut. Kotorannya ternyata mengendalikan siklus karbon di air laut sehingga tahan terhadap perubahan iklim.

Pemodelan komputer menunjukkan bahwa populasi ikan menghasilkan kotoran yang mengandung karbon anorganik kalsium karbonat dalam kadar tinggi yang bermanfaat untuk mengendalikan keasaman air laut. Selain mengendalikan keasaman, kalsium karbonat yang berwujud putih seperti kapur juga berguna untuk mendukung ekosistem laut dan pembentukan terumbu karang.

“Senyawa tersebut membantu pengendalian jumlah karbon dioksida yang diserap lautan dari atmosfer pada masa depan,” ujar Villy Christensen dari University British Columbia yang melaporkan penelitiannya dalam jurnal ScienceReuters. teranyar seperti dilansir

Selama ini, sumber kalsium karbonat hanya diketahui berasal dari organisme renik plankton. Namun, ternyata kotoran ikan menyumbang 3-15 persen kalsium karbonat di laut atau sekitar 110 juta ton per tahun. Itu pun baru populasi bony fish, sekelompok ikan yang tubuhnya bertulang keras saja. Bony fish mewakili 90 persen populasi ikan di samudera. Hiu dan pari tidak masuk dalam kelompok ini.

“Populasi bony fish yang diperkirakan antara 812 juta hingga 2 miliar ekor menekan dampak perubahan iklim melalui siklus karbonnya,” ujar Christensen. Karena dampak perubahan iklim terus meningkat, peranan ikan akan semakain besar dalam mengendalikan siklus kimia lautan di masa depan.

<>< <>< <>< <><

Benar kan! yang kotor-kotor ternyata juga bermanfaat, khususnya kotoran ikan. Bisa dibayangkan juga sumberdaya ikan di Indonesia yang mencapai lebih dari 1000 jenis. Tentunya ini akan juga membantu dalam menanggulangi bencana lingkungan di dunia. Dari panjang garis pantai sejauh 80,000 kilometer tentunya menyimpan seluruh potensi alam. Terlebih lagi, sebagai negara urutan kedua dalam keanekaragaman hayati (biodiversity), Indonesia tetap menjaga kelestarian sumberdaya alam, tanpa ‘diperkosa’ dari kebutuhan ekonomi.. Justru dari sumberdaya inilah yg membantu kita untuk hidup, dengan pemanfaatan yang bijaksana…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: