Ingin pernikahan langgeng dan bahagia? Be nice don’t nitpick!

Yah itulah yang saya baca dalam situs resmi Oprah. Siapa sih yang tidak mau perkawinannya bahagia? Pasti semua ingin perkawinannya langgeng seumur hidup sampai ajal yang memisahkan, termasuk saya tentunya. Ternyata banyak cara yang bisa dilakukan, tidak selalu hal besar. Katanya : little things matter! Yup lakukan hal-hal kecil saja bisa membuat pasangan bahagia. Biasanya dianggap enteng dan sepele (termasuk saya juga sering melupakan), tapi ternyata hal-hal kecil ini bisa berdampak besar dalam sebuah hubungan. Lebih lanjut dinyatakan bahwa pernikahan adalah sebuah pertemanan yg dalam, saling mengetahui, saling respek, tahu kapan harus saling memberi nasehat dan kapan akan menyelesaikannya. Karena banyak kasusu ternyata banyak masalah kecil yang tidak sampai terselesaikan atau terpecahkan. Diharapkan juga bisa mengidentifikasi isu sebelum didiskusikan, sehingga diskusinya dapat berjalan dengan lancar dan masalah yang dihadapi dapat dipecahkan bersama.

Pernikahan jangka panjang yang bahagia adalah tentang bagaimana mengenal jauh pasangan, being supportive, dan being nice. Katanya, dari setiap satu perbuatan negatif yang timbul, terdapat setidaknya lima hal-hal positif yang mengimbanginya. Memang terdengar sangat mudah (tapi sebenarnya bisa), namun komitmen untuk bisa be nice adalah bukan hal yg mudah, karena hal ini harus dilakukan berulang ulang kali. Dan sangat susah untuk bisa be nice jika kita dalam keadaan ’panas’, ketika kita sangat marah, atau ketika hal itu sudah terjadi berulang kali. Akan tetapi, keseimbangan dan keputusana harus tetap di arahkan ke pikiran postif, untuk mendapatkan dan meraih pernikahan yang bahagia.

Dan juga, setiap pasangan harus tetap berkomunikasi dan stay in touch dengan cara yang khusus untuk memperbaiki hubungan tersebut. Apapunlah yang bisa dilakukan untuk mengembalikan hubungan itu.

Hal terpenting lagi dalam pernikahan bahagia adalah tetap berkomitmen melihat perspektif dari pasangan, kemauan untuk mengerti, melakukan perubahan dalam diri (untuk ini saya saja masih terus berusaha), dan mencari cara atau metode dari bentuk komunikasi yang negatif.

Ada beberapa tips yang dibagikan dalam Oprah.com dalam menyelesaikan konflik yaitu Be nice and NO name calling, membahas masalah secara spesifik atau tingkah laku tanpa melibatkan kualitas personal (bahas masalah yg dihadapi saja, jangan merembet kemana-mana, dan jangan mengungkit ngungkit masalah personality). Kadang kan kalo ada masalah pasti bisa bilang : Kamu sih orangnya memang gitu, teledor bla bla….! Padahal mah masalahnya bukan disitu, jadinya tambah runyam. Lebih lanjut tipsnya adalah coba untuk tetap tenang, take a break (tapi katanya hanya beberapa saat, jangan terlalu lama breaknya, karena akan menimbulkan persepsi dan opini yang terus meningkat!, juga pasti akan memperunyam masalah). Yang terakhir adalah pertimbangkan sudut pandang pasangan, jika memang menginginkan pernikahan yang bahagia. Karena beberapa kajian sudah menemukan bahwa setiap tindakan akan memberikan arti/persepsi yang berbeda, hal ini tergantung apakah laki-laki, perempuan, ras nya apa, dan latar belakangnya bagaimana. Yang paling penting yang harus diingat adalah menghasilkan sebuah resolusi dari masalah tersebut! Pernikahan yang bahagia adalah bagaimana menyelesaikan masalah dengan tanpa masalah, bagaimana mengelola konflik tersebut. Karena menikah adalah menyatukan dua orang yang tentunya berbeda, berbeda pandangan hidup, berbeda latar belakang dan masih banyak serentetan yang lainnya. Namun, untuk menuju bahagia adalah bagaimana melihat perbedaan itu sebagai sebuah nikmat dan teruslah melihat sisi yang sama sebagai sebuah anugrah. Karena hidup pastilah selalu dihadang dengan berbagai masalah. Dengan masalah ini akan membuat kita semakin dewasa dan lebih dewasa lagi. Pernikahan juga pasti ada up and down. Ada suatu saat sang suami yang berkompromi, namun adakalnya sang istri yang berkompromi. Yang penting adalah menuju kebahagiaan bersama!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: