Salju di Freiberg akhiri perjalanan

Salju FreibergKecil namun Indah! Yah itulah tujuan terakhir dari perjalanan tutup-buka tahun adalah Freiberg, yang merupakan salah satu kota di negara bagian Sachsen di Jerman. Setelah merayakan tahun baru di Prague, kini saatnya menjelajahi kota ini. Yang sebenarnya baru saya tahu, setelah sampai di sini. Ternyata ada kota ini…Benar! saya nggak bohong. Kota ini berjarak 30 menitan dari Kota Dresden.

Freiberg diartikan ‘free mountain’ atau gunung bebas. Kota ini berdiri sejak 1186. Kota ini merupakan pusat industri pertambangan pada jamannya. Nah makanya berdiri perguruan tinggi bernama Technische Universität Bergakademie Freiberg, yang tentunya sekarang sudah sangat bagus dan lengkap. Sebagai simbol, di depan universitas ada gerbong yang mengangkut batuan. Dan universitas ini termasuk tertua di dunia dalam bidang pertambangan dan metalurgi, bayangin aja sudah berdiri sejak 1765.

Setelah melintasi TU Freiberg, kita menuju Kastil Freudenstein, dan disini banyak menyimpan berbagai macam jenis batuan. Tapi sayangnya, karena harus bayar masuknya, jadinya kita urung untuk menjelajahinya. Hehehehe…

Perutpun semakin membahana, artinya kita harus mengisi kampung tengah. Yup betul, kita memilih makan kebab di kedai turki. Banyak koq yang jualan disini. Sebelumnya sempat khawatir, karena menurut teman, sangat susah untuk dapat kebab di Freiberg. Salah besar, hampir di tiap blok di dalam kota berdiri kedai turki. Ini memang membuktikan kalau penduduk Turki di jerman sebanyak 3%.

Akhirnya kita menuju Freiberg Obermarkt Rathaus. Ini adalah gedung balaikota Freiberg. Urusan administrasi, seperti halnya mahasiswa untuk visa studi, disini ngurusnya. Nah pas sampai di lokasi ini salju semakin deras turunnya. Alhamdulilah.. seneng banget, soalnya ini salju pertamaku di Jerman.

Ternyata Freiberg juga memberikan pengalaman tersendiri bagi saya. Kota yang kecil, hanya berpenduduk sekitar 40 ribuan. Namun, menyimpan berbagai keunikan dan keindahan…

Seluruh kisah perjalanan memberikan tenaga baru untuk menghadapi tahun yang baru. Bertambah teman kerabat dan tentunya bertambah pula daftar kota yang sudah saya kunjungi. Mudah2an perjalanan selanjutnya juga menyenangkan… (tamat).

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: