Menjadi turis tak perlu mahal!

Yup kalo pengen jadi turis di Jerman gak membutuhkan biaya yang mahal koq. Ini saya buktikan bersama teman-teman. Kami melakukan ’perjalanan wisata’ untuk menutup tahun 2008 dan membuka lembaran tahun 2009. Akhir tahun 2008 kami menjelajahi wilayah Jerman bagian timur, tepatnya di Leipzig, Saechsiche Schweiz, Dresden dan terakhir di Freiberg. Malam tahun baru kami lepas di kota Prague, Ceko. Dengan biaya transportasi gak lebih dari 70 EUR selama seminggu.

Perjalanan kami tempuh selama satu minggu. Ini kami perhitungkan supaya tetap bisa memakai tiket akhir pekan, yang tentu harganya sangat murah (37 EUR untuk berlima) dan pastinya pastikan sudah ada teman yang siap menampung (Thanks ya Widia dan Jim! Thanks ya Pak Azis). Dan tiket bus ke Prague pun gak mahal, cukup 28 EUR sudah bisa untuk pergi dan pulang. Murah kan! Meski sudah ada yang siap memberi tumpangan, tetap jangan lupa bawa Sleeping bag, buat jaga-jaga aja :D.

Terus untuk urusan makan sih tergantung selera masing-masing, kalo untuk snack sudah harus bawa dari rumah, dan kalaupun harus beli di luar, yah pastinya makan doner kebab atau KFC yang sudah jelas harganya. Tapi sekali-kali bolehlah coba makanan China, untuk memanjakan perut. Harganya masih sekitar 4-5 EUR.

Jadi jangan ragu-ragu kalau mau jalan-jalan yah..Kalo ada yang mau trip, jangan lupa ajak-ajak hehehe…Yang pasti semua harus direncakan dengan terinci… Dan harus bermodal nekat juga. Kan kapan lagi bisa menjelajahi Eropa kalau bukan sekarang. Ntar kalo dah pulang ke Indonesia, pasti susah deh…

Baca tulisan:

  • Musik Bach di Leipzig
  • Mendaki gunung di Saechsische Schweiz
  • Jelajah kota tua Dresden
  • Prosit NeuJahr aus Prague – Czech Republic
  • Salju di Freiberg akhiri perjalanan

    • nikublu
    • January 10th, 2009

    Halo Bung Hawis,

    Boleh dong sharing tips perjalanannya? Liburan 4 hari itu pesawatnya naik apa?
    Berapa harganya?

    Thanks,

      • bunghaw
      • January 10th, 2009

      Haloo,

      Boleh aja mas. Kemarin ke Prague naik bus (tidak naik pesawat) dari Dresden dengan harga tiket 28 EUR PP. Kalau mau tahu detail perjalanannya bisa klik http://www.rvd.de/
      O yah, saat ini saya di Jerman untuk studi. Kalau boleh anda sekarang dimana?

      Thanks for coming,
      Hawis

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: