Indonesia dalam multi partai

Mmmh let me think first..sebenarnya agak-agak ragu juga nulis tentang pemilu, apalagi partai politik. Melihat pengalaman kemarin saya mudik ke kampong halaman, menggelitik hati ini untuk menulis sedikit. Sepanjang jalan, pohon-pohon, jembatan, gedung-gedung, angkot, mobil, pusat perbelanjaan dan hampir semua di sudut kota, penuh atribut partai dan tentunya calon ’wakil rakyat’. Menurut saya, kota semakin terlihat kumuh akan banyaknya baleho, stiker dan spanduk yang mempromosikan diri sebagai wakil partai A, B, C dan seterusnya. Padahal sih, Pemilu masih di bulan April 2009 mendatang.

Kalau bisa saya tilik lebih jauh, semua hal ini sangat berpotensi untuk perpecahan di dalam masyarakat. Rakyat sangat lama dalam proses per-kotak2-an. Suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, pasti ini terjadi. Sudah sangat banyak contoh pada saat pemilihan kepala daerah. Paham kan maksud saya?

Jumlah parpol yang akan ber-kompetisi pada tahun depan sebanyak 34, ’sedikit’ lebih banyak dari tahun 2004 yang sebanyak 24, dan ’sedikit’ lebih rendah dari pemilu 2009 sebanyak 48 partai. Jika saya boleh berpendapat, ini berarti negara kita akan semakin dibawa ke arah ketidakpastian dan pasti akan cenderung ’lagi’ seperti bagi-bagi kue di kursi pemerintahan, yang pada akhirnya tidak adanya peningkatan kesejahteraan rakyat. Bayangkan saja, jika 1 partai saja mendapatkan ’tunjangan’ sebesar, anggaplah, 1 M, maka akan habis uang negara sebanyak 34 M. Bisa dibayangkan betapa gembiranya ’rakyat bawah’ jika mendapatkan santunan berupa lapangan kerja, jalan yang bagus, transportasi lancar dan berbagai fasilitas lainnya dari 34 M itu. Uhhh pelik juga mikirnya…

Jika menengok negara-negara yang sudah maju, misalnya saja Amerika yang hanya punya 2 partai (Republik dan Demokrat) dan Jerman hanya 6 partai (SPD, CDU, CSU, FDP, Die Gruenen dan Die Linke). Salah satu sisi positifnya adalah menghemat anggaran negara dan juga mungkin bisa lebih fokus untuk membangun negaranya. Jadi, apa yang akan yang akan terjadi dengan negara kita? Coba lihat gambar dibawah ini, nah ini saja pas Pemilu 2004, bagaimana dengan Pemilu 2009 yang bejibun partainya ya?

Saya hanya bisa berharap semua akan baik-baik saja, alah kaya judul lagu aja. Yang pasti tetap berharap akan ada perubahan ’ke arah yang lebih baik’ dari negara kita yang tercinta. Be Positive! Tapi… alah…. mending bobo ahhhh….

  1. February 11th, 2009
  2. March 30th, 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: