Persiapan liburan keluarga di Eropa

2995920258_d1566318ef_oAlhamdulilah setelah urusan tetek bengek undangan dan visa selesai, sekarang saatnya mengatur jadwal perjalanan. Mulai dari transport, hotel dan tentunya objek wisata yang mau dikunjungi di setiap kota. Tahun ini kita mengunjungi kota Cologne (Germany), Paris (Perancis), Amsterdam (Netherlands), dan Berlin (Germany). Kalo Bremen dan sekitarnya gak perlu dihitung hehehe.. Liburan kali ini sangat special karena akan bersama anak dan istri. Makanya persiapannya juga harus matang dan harus senyaman mungkin. Dengan bermodal tanya sana dan sini, serta pengalaman teman-teman (khususnya Desti, yg kebetulan banget karna dia juga berlibur bersama keluarga di Paris, dan bikin Note yang super duper lengkap), akhirnya jadi juga jadwal perjalanan versi saya hehehe..

Waktu pemesanan masih sebulan dari waktu liburan (saya pesannya pas awal bulan September, untuk liburan bulan Oktober). Jadi kemungkinan besar masih dapat tiket-tiket yg diskon. Untungnya juga semuanya bias dipesan online dan pastinya membutuhkan kartu kredit sebagai prasyarat pemesanan. Dan kebetulan juga kartu kredit saya jadi pas awal bulan September. Jadinya bias langsung pesan tiket yang jauh hari sebelumnya sudah saya tandain. Berikut ini saya paparin yah hasil perburuannya..

Transportasi

Karena kita memutuskan untuk naik kereta, makanya mencari lokasi transit yang enak. Menuju Paris, ada kereta yang namanya Thalys. Kereta ini menghubungkan Jerman (Cologne), Belgia (Brussel), dan Belanda (Amsterdam). Nah sekalian kan menuju Cologne, karena kota ini menurut saya kota yang musti dikunjungi juga. Ada dua situs yang paling berguna dan saya pakai untuk transportasi: situs resmi DB (www.bahn.de) dan Thalys (www.thalys.com).

Tiket kereta dari Bremen-Cologne memakai ICE, dapat harga special juga untuk bertiga plus reservasi tempat duduk tiga orang 53EUR. Dari Cologne ke Paris dengan Thalys kita juga dapat tiket yg termurah 25EUR per orang (Raihan masih gratis hehehe). Bremen-Paris aman!!!

Dari Paris ke Amsterdam juga masih memakai Thalys. Tapi karna telat memesannya, jadinya dapat tiket yg 52EUR per orang hiks hiks. Ternyata banyak juga yang ke Amsterdam dari Paris. Nah, untuk Amsterdam ke Bremen, saya make ICE lagi, karna lebih boros kalo harus ke Cologne lagi dengan Thalys. Tiketnya 82 EUR untuk berdua (raihan masih gratis) udah sama reservasi tempat duduk. O iya, kalo jalan bersama keluarga, saya sarankan untuk memesan tempat duduk, jadi gak perlu repot2 di dalam kereta jalan sana sini mencari yang kosong, plus bawa koper dan stroller, pasti repot kan hehehe..Paris-Amsterdam-Bremen amannn!!!!

Nah yang terakhir yg dibooking online yg ke Berlin, alhamdulilah masih dapat yang murah 106 EUR PP untuk berdua pake ICE…. Transport amannnn!!! Tinggal transport dalam kota, tapi itu on the spot aja (hmm nanti dibahas juga deh secara terpisah..)

Akomodasi

Nah karena liburan bersama keluarga gak mungkin dong cari yg hostel. Di Eropa umumnya anak2 mudah pasti nginapnya di hostel, sesuai dengan koceknya lah, sekitar 10-30 EUR semalam (ini nanti aja ngebahasnya hehehe). Jadinya, saya cari hotel tapi masih dalam harga yang manusiawi hehehe.. Ada beberapa situs yang sempat ditelusuri, tapi saya rekomendasi yang satu ini nih www.venere.com, udah teruji murah dan valid. Nah perlunya kartu kredit disini, karna pas booking harus memasukan data2 itu sebagai tanda reservasi. Sebenarnya pembayaran hotel gak bakal di charge di kartu kredit kita, hanya sebagai jaminan aja kalo2 kita gak muncul. Saya membayar cash langsung ke hotelnya pada saat check in.

Akhirnya hotel di Paris – Amsterdam – Berlin sudah terpesan semuanya. Di Paris dapatnya 55 EUR per malam untuk double di Hotel De la Terrasse (http://www.hotel-terrasse-paris.federal-hotel.com/page_en_1.html). Kita menginap 3 malam 4 hari. Hotel di Amsterdam rata-rata sangat mahal, tapi untungnya pas online booking ada hotel bintang tiga HEM Amsterdam (http://www.hemhotels.nl/en/index.html)  yang lagi murah karena diskon (mungkin udah selesai peak season). Di sini kita juga menghabiskan 3 malam 4 hari. Harga per malam jadi 54 EUR, lebih murah dibandingkan di Paris. Terakhir di Berlin kita dapatnya di Hotel Alte Feuerwache (http://www.hotelaltefeuerwache.de/) dengan harga per malam 49 EUR. Kita disini hanya satu malam.. Alhamdulilah semua hotel sudah dipesan…legaa banget…

Setelah transport dan akomodasi OK, sasaran objek wisata di tiap kota langsung saya pantau di Google Earth. Yang paling banyak fotonya, pasti lokasi tersebut menarik hehehe…

Alhamdulilah apa yang sudah disusun ini sudah kami jalani kemarin pas Oktober 2009. Benar juga kata pepatah bahwa perencanaan yang matang adalah setengah dari keberhasilan hehehehe.. Liputan untuk masing-masing kota akan saya bahas kemudian yah….

image source: http://flickr.com/photos/stefo/2995920258/

  1. Makasih banyak atas sharingnya… salam kenal

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: